Panduan Mudah untuk Mengetahui Kondisi Koil Motor Apakah Masih Bagus Atau Tidak

Sebagai pemilik motor seharusnya Anda harus mempunyai kemampuan juga untuk memperbaiki kerusakan pada bagian motor. Paling tidak mengetahui atau dapat mendiagnosa kendala apa yang menyebabkan permasalahan pada motor Anda. Salah satunya adalah pada bagian sistem pengapian. Pada bagian tersebut terdapat koil motor yang sering menjadi salah satu penyebab motor Anda mengalami masalah. Sebenarnya selain itu ada beberapa komponen lainnya juga seperti spul, aki, CDI, pulser, busi. Dan kesemuanya mempunyai kerjasama untuk menghasilkan sistem yang bekerja dengan baik, jadi jika salah satu bermasalah tentunya motor tidak bisa dihidupkan.

Jika Anda memahami betul sistem atau komponen setiap motor sekarang ini tentunya juga telah menyadari bahwa kendaraan saat ini banyak yang menggunakan sistem pengapian CDI atau capasitive discharge ignition. Dan dapat dikatakan beberapa motor yang menggunakan sistem pengapian secara konvensional atau platina sudah hilang dari peredaran. Nah, untuk mengetahui kondisi sistem pengapian dapat dilakukan melalui beberapa cara misalnya menggunakan multitester, spark plug tester, dan bisa juga menggunakan ignition taster. Tetapi untuk melakukannya memang tidak bisa sembarangan, harus ada alat dan ketrampilan khusus.

Tetapi bagi Anda yang ingin mengetahui melalui cara yang lebih sederhana bisa melakukan beberapa langkah seperti dibawah ini yaitu:

  1. Koil sendiri merupakan salah satu komponen penting yang bertugas untuk menggandakan tegangan rendah yang dimunculkan dari spul dan juga aki menjadi senilai ribuan kilo volt. Dan jika dilihat pada bagian dalam koil tersebut mempunyai kumparan yaitu sekunder dan juga primer. Dan cara pertama untuk mengetahui kondisi koil sendiri bisa dilihat dari kumparan tersebut, apakah sesuai dengan spesifikasi atau tidak. Jika memang tidak sama itu tandanya koil motor Anda perlu mendapatkan ganti atau rusak.
  2. Dan langkah kedua untuk mengetahui kondisi koil Anda bisa melihat pada saat mesin kendaraan dalam keadaan panas. Atau setelah dalam perjalanan yang jauh tiba-tiba motor berhenti dan mogok. Nah, itu berarti ada permasalahan pada sistem pengapian yang menyebabkan motor Anda tidak bisa dijalankan lagi.
  3. Untuk panduan ketiga mengetahui kondisi dari koil adalah melihat api yang dapat dihasilkan oleh busi. Walaupun koil dalam keadaan lemah atau mati tetapi untuk bagian busi masih tetap bisa menyala api. Namun api yang dihasilkan hanyalah api kecil yang mempunyai warna merah atau bisa juga putih kebiru-biruan.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui kondisi penyebab kerusakan pada motor yang mengalami kegagalan saat dihidupkan. Untuk penggantian koil sendiri Anda bisa membelinya pada beberapa toko aksesoris atau perlengkapan motor baik pada toko online ataupun toko konvensional. Perhatikan kualitas dari koil sendiri, jika memang kurang paham Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu pada beberapa sumber seperti internet, teman yang telah berpengalaman dalam otomotif atau bisa juga pada mekanik yang dapat langsung menangani permasalahan motor Anda.

Jika memang Anda tidak mengetahui secara pasti setiap komponen pada motor lebih baiknya jangan lakukan perbaikan atau pengecekan kondisi koil sendiri. Serahkan pada petugas bengkel yang telah ahli, karena jika dilakukan tanpa adanya pengetahuan dan ketrampilan yang baik takutnya semakin membuat kerusakan pada motor. Pastikan Anda melakukan pengecekan koil motor ataupun sistem pengapian lainnya secara rutin supaya terhindar dari berbagai masalah motor yang macet ataupun mogok di jalanan.

 

Leave a reply "Panduan Mudah untuk Mengetahui Kondisi Koil Motor Apakah Masih Bagus Atau Tidak"